Jangan sampai terlambat, pengumuman SPAN-PTKIN 2022 akan diumumkan serentak pada tanggal 15 April

Memuat…

Sebanyak 172.971 calon mahasiswa terdaftar melalui jalur SPAN-PTKIN 2022. Foto/Dok./Humas Pendis

JAKARTA – Pengumuman Seleksi Nasional Berprestasi Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri ( SPAN-PTKIN ) akan diumumkan pada Jumat, 15 April 2022. Dari 172.971 peserta yang mendaftar, hanya 58.140 calon mahasiswa yang akan diterima sesuai kapasitasnya.

Kepala Sekretariat SPAN-UM PTKIN 2022 Mukhsin Jamil mengatakan, saat ini proses SPAN-PTKIN memasuki tahap finalisasi. Dimana, para? Rektor PTKIN seluruh Indonesia berkumpul di Jakarta untuk mengadakan rapat final untuk menentukan kualifikasi peserta SPAN-PTKIN.

Baca juga: Ingat, 58 ribu calon mahasiswa yang lulus SPAN-PTKIN 2022 akan diumumkan besok

“Proses seleksi dilakukan secara otomatis menggunakan aplikasi komputer. Semua data yang masuk diurutkan berdasarkan raport dan prestasi akademik lainnya. Proses ini dilakukan untuk menjamin transparansi,” kata Mukhsin Jamil saat konferensi pers di Jakarta, Selasa (12/12). /4/2022). ).

Mukhsin memastikan seluruh peserta yang mendaftar SPAN-PTKIN adalah mahasiswa berprestasi. Hal ini dikarenakan mereka tidak dapat mendaftar secara langsung tanpa menginput data terlebih dahulu oleh pihak sekolah. Namun harus ada yang gugur dalam seleksi karena keterbatasan kapasitas atau kapasitas.

Dengan demikian, setiap mahasiswa tidak bisa begitu saja mengklaim prestasi dan berhak mendaftar SPAN-PTKIN. Namun harus diawali dengan input data oleh pihak sekolah sebagai siswa yang memenuhi syarat atau layak untuk mendaftar SPAN-PTKIN.

Baca juga: Info Lengkap UM PTKIN 2022, Pendaftaran Dibuka 25 April

Setelah itu, setiap siswa yang memenuhi syarat menyelesaikan proses pendaftaran SPAN-PTKIN secara individual. Mukhsin menyebutkan, sebanyak 10.927 sekolah memasukkan data siswa dalam sistem SPAN-PTKIN. “Sebagian besar dari sekolah. Karena jumlah sekolahnya sendiri lebih banyak dari madrasah,” ujarnya.

Mukhsin mengatakan, pendaftar SPAN-PTKIN didominasi lulusan sekolah umum ketimbang madrasah. Namun hal tersebut tidak menjadi masalah karena banyak program studi di PTKIN yang tidak menuntut ilmu agama yang tinggi.

Baca Juga :  Sisihkan 56 Tim, Mahasiswa UGM Juara Breexplor Branding Competition 2022

Hasil rekapitulasi panitia menyebutkan, jumlah siswa yang berhak mendaftar SPAN-PTKIN mencapai lebih dari 1,3 juta. Namun, baru 172 ribu siswa yang menyelesaikan pendaftarannya. Sedangkan kuota yang tersedia untuk masuk perguruan tinggi tanpa tes hanya 58.140 kursi.

Mukhsin menghimbau kepada peserta yang telah dinyatakan lulus untuk segera melakukan registrasi ulang di kampus yang dituju. Persyaratan teknis pendaftaran ulang akan disampaikan oleh masing-masing kampus. Bagi peserta yang tidak lulus, masih ada kesempatan untuk masuk PTKIN melalui ujian masuk berbasis tes (UM).

(mpw)

Tinggalkan komentar