Nasionalisme Gembell, Mahasiswa IPB Ikuti Diklat Bela Negara dan Wawasan Bangsa

Memuat…

IPB University dan Dodiklatpur Rindam Jaya melaksanakan Diklat Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan di kawasan Gunung Bunder (30-31/3). Foto/Dok/Humas IPB

JAKARTAUniversitas IPB dan Depot Pendidikan dan Latihan Tempur (Dodiklatpur) Rindam Jaya.

Kegiatan ini diikuti oleh 65 orang mahasiswa yang mengikuti program pembinaan Kepemimpinan Putra dan Wanita dan Kader Pejuang Pertanian (AKKPP).

Baca Juga: IPB Siap Buka Fakultas Kedokteran, Rektor Ungkap Alasan dan Kelebihannya

Pelatihan ini bertujuan untuk mendidik calon pemimpin bangsa dan menanamkan kembali karakter nasionalisme pada generasi muda. Khususnya bagi mahasiswa AKKPP IPB University sebagai upaya pengabdian bangsa dan negara di masa depan.

Direktur Kemahasiswaan dan Pengembangan Karir IPB University, Dr. Alim Setiawan Slamet dalam amanatnya menyampaikan bahwa calon pemimpin dari IPB University dapat menjadi obat dari setiap penyakit yang melanda Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Diharapkan setelah mengikuti kegiatan ini para peserta diklat dapat meningkatkan semangat nasionalisme dengan berinovasi, berkreasi dan berinisiatif untuk mengatasi permasalahan di masyarakat di Indonesia,” jelas Dr. Alim Setiawan dalam keterangan pers, Jumat (1 /4/2022).

Baca Juga: Kemendikbudristek Ajak Ratusan Guru Seluruh Indonesia, Ini Materi Krusial yang Dibahas

Menurut salah satu peserta yang hadir dalam pelatihan tersebut, Dydan Muhammad Al-Basith, dari kegiatan ini ia mendapat perspektif baru. Terutama terkait penerapan nilai-nilai kepemimpinan dalam rangka bela negara dan wawasan kebangsaan.

“Pelatihan ini sangat menyenangkan dan menarik karena dapat menambah wawasan dan tips mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi dalam kehidupan kemahasiswaan di IPB University,” pungkas mahasiswa AKKPP putra ini.

Program pelatihan ini diawali dengan opening ceremony, forest walk, materi kepemimpinan, wawasan kebangsaan, ritual malam, renungan sakral, marching, hiking ke air terjun, kemudian closing ceremony. Mahasiswa yang lulus diklat ini akan diberikan pin sebagai penanda penerimaan sebagai keluarga besar AKKPP.

Baca Juga :  Himpunan

(mpw)

Tinggalkan komentar